SELAMAT DATANG DI BLOG BORNEO KU

Kamis, 31 Maret 2016

Bingka Tumis Bertabur Cabai Besar Hanya Ada Di Haur Gading - Amuntai !

Mendengar kata Bingka , jelas membuat  kita akan terbayang dengan  cita rasa lezat yang khas.  Masyarakat Banjar menyebutnya wadai bingka adalah sebuah kuliner  yang lembut sangat mudah  pecah dilidah tentu menjadi keunikannya .

Ada Wadai Bingka unik yang hanya ada di wilayah Haur Gading – Amuntai dimana MAN 5 Amuntai tempat penulis mengabdi  ini berdomisili  yakni Bingka yang diatasnya ditaburi irisan cabai besar merah ! Aneh bukan ???  Bayangkan rasa manis lezat bertemu rasa pedas !!!  Ternyata makyuussss !!!

Orang Haur Gading – Amuntai menyebut bingka ini dengan nama Bingka Tumis , Bingka Rabuk atau disebut juga Bingka Balumbuk ( red- lombok/cabai ). 

Anda penasaran ? Ingin mencicipinya ? Silahkan datang ke Pasar Ahad di Haur Gading Kabupaten Hulu Sungai Utara setiap hari Minggu pagi hingga pukul 10. Ingat ini pasar 1 minggu sekali atau tradisional mingguan.   Sedang rute yang harus anda lewati  dari kota Amuntai ke arah Sungai Malang lalu Candi, Desa Bayur, Tabasan / Desa Palimbangan , naik jembatan baru lalu turun belok kanan masuk desa Palimbang Sari,  Desa Sungai Limas hingga tiba lah di Desa Keramat dimana pada pasar Ahad akan ditemui pedagang bingka rabuk/tumis/balumbuk yakni H.Jafry Zam-Zam atau dikenal dengan nama H.Ijab.

Oh ya , Haur Gading yang terletak 7 km sebelah utara kota Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara . Untuk sampai kesana para pembaca Pesiar Citymag dan pemburu kuliner dari Banjarmasin  ibu kota propinsi Kalsel    harus menempuh perjalanan darat kurang lebih 200 km ke arah utara  Kalimantan dengan waktu tempuh normal 3,5 - 4  jam .



Kembali ke bingka khas Haur Gading tadi,  Bingka Tumis  tidaklah  jauh berbeda dengan bingka yang lain, tetapi ada beberapa ciri khas pada permukaan atasnya terdapat irisan-irisan cabai merah dan bawang merah sehingga ada sesuatu sensasi yang beda dari biasanya saat menyantap bingka tersebut. Bingka Tumis sendiri terbagi dua dalam cara memasaknya yakni bisa dibakar atau dikukus.  

Penulis sendiri merasa beruntung karena sering menikmati bingka tersebut sebab bertugas di daerah Haur Gading . Kamis ,31 Maret 2016 , siswa kelas X MAN 5 Amuntai melakukan praktik Prakarya membuat bingka Tumis dengan cara dibakar dan dikukus dibawah bimbingan Rahmadi,S.Pd dan Tamjidillah,S.Ag.

Berikut sedikit  resep turun temurun tentang  cara membuat bingka Tumis yang dikukus. Untuk 1 bingka Tumis bahan yang disediakan : 1 sendok kelapa parut yang sudah digoreng, santan kelapa 2 cangkir, 1 cangkir gula merah yang sudah ditumbuk, telor 4 biji. Semua bahan diblender sampai tercampur rata. Kemudian bahan yang sudah diblender dimasukan kedalam loyang yang sudah panas untuk dikukus. Jangan lupa , loyang harus diberi plastik agar bingka  tidak lengkat. Setelah  masak baru taburkan irisan bawang goreng dan cabai merah.. Dinginkan sampai sedikit keras, maka bingka siap untuk disantap yang akan membuat anda selalu memburu kue ini setiap kali mengunjungi kota Amuntai sebagai DestinasiWisata Kalsel untuk urusan kuliner tradisional.

Berikut adalah video kegiatan praktik siswa dalam membuat Bingka Tumis Khas Haur Gading : 
Tulisan ini   dibuat untuk mengikuti Lomba Blog Wisata Kuliner Kalimantan Selatan sekaligus mempromosikan kuliner  bingka Tumis  khas Haur Gading -Amuntai di dunia maya dan mungkin akan  diterbitkan pada majalah Pesiar CityMag Special Edition sebuah majalah pariwisata nasional yang berhomebase di Banjarmasin
Tulisan ini juga diposting pada Website MAN 5 Amuntai yang dibuat dan dikelola penulis

5 komentar:

  1. asa baliuran malihat, hanyar ini malihat bingka belombok...

    salam
    Blog Bang Elmu

    BalasHapus
  2. asa baliuran malihat, hanyar ini malihat bingka belombok...

    salam
    Blog Bang Elmu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dasar nyaman bingka ini bang ! murah "sabiji" cuma 18-25 ribu rupiah

      Hapus
  3. Waduh hanyar tahu nah ulun ada bingka betumis ini, ada lomboknya pulang, rasa nyaman banar. Bebila jua kah ada di Banjarmasin ini haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. bingka ini cuma ada di pasar Ahad Kec.Haur Gading khusus hari minggu hj. Kalo bajalanan ke Amuntai , jgn lupa mampir kesana :)

      Hapus